Minggu, 21 Desember 2014

Konstruktor (OOP) C++

Konstruktor adalah fungsi khusus yang akan dijalankan secara otomatis ketika kita melakukan inisialisasi atau pembuatan suatu objek. Konstruktor juga bisa di bilang bagian dari kelas yang digunakan  untuk menciptakan objek.

Ciri-ciri Konstruktor :
a.       Namanya harus sama dengan nama kelas.
b.      Ia tidak mengembalikan nilai/tipe tertentu, bahkan void sekalipun.

Aturan Konstruktor :
a.       Nama Konstruktor harus sama dengan nama kelas yang mendefiniskannya
b.      Konstruktor tidak memiliki nilai balik
c.       Konstruktor harus diletakkan pada bagian public

Konstruktor biasanya di gunakan untuk melakukan alokasi memori dan memberikan nilai awal terhadap anggota kelas dan melakukan tugas umum lainya.

Fungsi Konstruktor (constructor) adalah fungsi yang dipanggil pada saat pembuatan sebuah objek. Berikut merupakan sebuah kontruktor untuk menghitung luas persegi:

#include <iostream>
using namespace std;

class rectangle
{
      int panjang, lebar;
      public:
             rectangle (int,int);
             int luas()
             {
                 return (panjang*lebar);
             }
};

rectangle::rectangle (int a, int b)
{
       panjang = a;
       lebar = b;                          
}

 int main()
{
    rectangle persegi1 (3,4);
    rectangle persegi2 (5,6);
   
    cout<<"luas persegi1 :"<<persegi1.luas()<<endl;
    cout<<"luas persegi2 :"<<persegi2.luas()<<endl;
   
    system ("pause");
    return 0;
}

Pada program di atas, konstruktor digunakan untuk melakukan operasi inisialisasi dan melakukan alokasi memori. Dengan menggunakan konstruktor kita bisa sedikit ‘berhemat’ dengan tidak membuat suatu fungsi yang secara khusus diciptakan untuk melakukan suatu inisialisasi, namun cukup dengan menggunakan suatu konstruktor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar